Program C++ Input User dengan Integer

Program ini berguna untuk mengambil nilai yang dimasukan oleh user dan kemudian mencetak nilai tersebut sebagai bilangan bulat pada layar compiler.
'Stdio.h' dan 'conio.h' adalah file header. fungsi printf 'digunakan untuk mencetak teks pada layar. 'Scanf' digunakan untuk mengambil nilai yang dimasukan user.
Dalam bahasa C ada banyak sekali jenis dan tipe data yang berbeda, seperti pada contoh kali ini kita akan menggunakan integer atau bilangan bulat yang inisialisasinya adalah int, bila ingin menggunakan tipe data lain misal desimal kita bisa menggunakan float atau double, dan jika tipe karakter atau huruf bisa menggunakan string. oke berikut adalah codingnya.

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
 int a;
 clrscr();

 printf("Masukkan sebuah integer\n");
 scanf("%d",&a);

 printf("Integer yang dimasukkan adalah %d\n",a);

 getch();
}

Bila sukses maka tampilannya adalah seperti berikut: owh iya sebelum itu karena kita menggunakan tipe data integer / int, maka yang di tampilkan pada compiler adalah bilangan bulat, karena itu setiap data yang di inputkan selain bilangan bulat seperti desimal atau string tetap akan di convert menjadi bilangan bulat, jadi jika ingin memasukkan data lain tolong diperhatikan tipe datanya agar program dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, oke berikut hasil run nya:


Untuk source code Program C++ Input User dengan Integer bisa klik tombol download dibawah:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada pertanyaan atau sekedar ninggalin jejak silahkan comment di bawah
==komen anda berarti buat kami==